Rabu, 02 Maret 2011

Askep AsfiKsia Neonatorum

ASFIKSIA NEONATORUM

A. PENGERTIAN

Neonatus adalah organisme pada periode adaptasi kehidupan intra uterus ke kehidupan ekstra uterin hingga berusia kurang dari 1 bulan.

asfiksia neonatorum adalah keadaan dimana bayi tidak mampu bernafas secara spontan dan teratur setelah lahir.asfiksia berarti hipoksia yang progresif karena gangguan pertukaran gas serta transport 02 dari ibu ke janin sehingga terdapat gangguan dalam persediaan O2 dan kesulitan mengeluarkan CO2,saat janin di uterus hipoksia.

B. PENYEBAB

Towel (1996) mengajukan penggolongan penyebab kegagalan pernapasan paa bayi terdiri dari :

1. Faktor ibu

a. Hipoksia ibu

Dapat terjadi karena hipoventilasi akibat pemberian obat analgetik atau anestesi dalam, dan kondisi ini akan menimbulkan hipoksia janin dengan segala akibatnya.

b. Gangguan aliran darah uterus

Berkurangnya aliran darah pada uterus akan menyebabkan berkurangnya aliran oksigen ke plasenta dan juga ke janin, kondisi ini sering ditemukan pada gangguan kontraksi uterus, hipotensi mendadak pada ibu karena perdarahan, hipertensi pada penyakit eklamsi.

2. Faktor plasenta

Pertukaran gas antara ibu dan janin dipengaruhi oleh luas dan kondisi plasenta, asfiksis janin dapat terjadi bila terdapat gangguan mendadak pada plasenta, misalnya perdarahan plasenta, solusio plasenta.

3. Faktor fetus

Kompresi umbilikus akan mengakibatkan terganggunya aliran darah dalam pembuluh darah umbilikus dan menghambat pertukaran gas antara ibu dan janin. Gangguan aliran darah ini dapat ditemukan pada keadaan talipusat menumbung, melilit leher, kompresi tali pusat antara jalan lahir dan janin.

4. Faktor neonates

Depresi pusat pernapasan pada bayi baru lahir dapat terjadi karena beberapa hal yaitu pemakaian obat anestesi yang berlebihan pada ibu, trauma yang terjadi saat persalinan misalnya perdarahan intra kranial, kelainan kongenital pada bayi misalnya hernia diafragmatika, atresia atau stenosis saluran pernapasan, hipoplasia paru.

C. TANDA DAN GEJALA

Pada asfiksia tingkat selanjutnya akan terjadi perubahan kardivaskuler yang disebabkan oleh beberapa keadaan diantaraya :

a. Hilang sumber glikogen dalam jantung akan mempengaruhi fungsi jantung

b.Terjadinya asidosis metabolic akan mengakibatkan menurunnya sel jaringan termasuk otot jantung sehingga menimbulkan kelemahan jantung

c. Pengisian udara alveolus yang kurang adekuat akan menyebabkan tetap tingginya resistensi pembuluh darah paru sehingga sirkulasi darah mengalami gangguan

Gejala klinis :

Bayi yang mengalami kekurangan O2 akan terjadi pernafasan yang cepat dalam periode yang singkat apabila asfiksia berlanjut, gerakan pernafasan akan berhenti, denyut jantung juga mulai menurun, sedangkan tonus neuromuscular berkurang secara berangsur-agsur berkurang dari bayi memasuki periode apneru primer.

Gejala dan tanda pada asfiksia neunatorum yang khas antara lain meliputi pernafasan cepat, pernafasan cuping hidung, sianosisus, nadi cepat

Gejala lanjut pada asfiksia :

1) Pernafasan megap-megap yang dalam

2) Denyut jantung terus menurun

3) Tekanan darah mulai menurun

4) Bayi terlihat lemas (flaccid)

5) Menurunnya tekanan O2 anaerob (PaO2)

6) Meningginya tekanan CO2 darah (PaO2)

7) Menurunnya PH (akibat acidosis respoiraktorik dan metabolic)

8) Dipakainya sumber glikogen tubuh anak metabolisme anaerob

9) Terjadinya perubahan sistem kardivaskuler

D. PATOFISIOLOGI

Bila terdapat gangguan pertukaran gas atau pengangkutan O2 selama kehamilan / persalinan, akan terjadi asfiksia. Keadaan ini akan mempengaruhi fungsi sel tubuh dan bila tidak teratasi akan menyebabkan kematian. Kerusakan dan gangguan ini dapat reversible atau tidak tergantung dari berat badan dan lamanya asfiksia. Asfiksia ringan yang terjadi dimulai dengan suatu periode appnoe, disertai penurunan frekuensi jantung. Selanjutnya bayi akan menunjukan usaha nafas, yang kemudian diikuti pernafasan teratur. Pada asfiksia sedang dan berat usaha nafas tidak tampak sehingga bayi berada dalam periode appnoe yang kedua, dan ditemukan pula bradikardi dan penurunan tekanan darah.Disamping perubahan klinis juga terjadi gangguan metabolisme dan keseimbangan asam dan basa pada neonatus. Pada tingkat awal menimbulkan asidosis respiratorik, bila gangguan berlanjut terjadi metabolisme anaerob yang berupa glikolisis glikogen tubuh, sehingga glikogen tubuh pada hati dan jantung berkurang. Hilangnya glikogen yang terjadi pada kardiovaskuler menyebabkan gangguan fungsi jantung. Pada paru terjadi pengisian udara alveoli yamh tidak adekuat sehingga menyebabkan resistensi pembuluh darah paru. Sedangkan di otak terjadi kerusakan sel otak yang dapat menimbulkan kematian atau gejala sisa pada kehidupan bayi selanjutnya.

TANDA


0


1


2


JUMLAH NILAI

Frekwensi jantung


Tidak ada


Kurang dari 100 X/menit


Lebih dari 100 X/menit


Usaha bernafas


Tidak ada


Lambat, tidak teratur


Menangis kuat


Tonus otot


Lumpuh


Ekstremitas fleksi sedikit


Gerakan aktif


Refleks


Tidak ada


Gerakan sedikit


Menangis


Warna


Biru / pucat


Tubuh kemerahan, ekstremitas biru


Tubuh dan ekstremitas kemerahan


E. APGAR SCORE

nilai 0-3 : asfiksia berat

nilai 4-6 : asfiksia sedang

nilai 7-10 : normal

Dilakukan pemantauan nilai apgar pada menit ke-1 dan menit ke-5, bila nilai apgar 5 menit masih kurang dari 7 penilaian dilanjutkan tiap 5 menit sampai skor mencapai 7. Nilai apgar berguna untuk menilai keberhasilan resusitasi bayi baru lahir dan menentukan prognosis, bukan untuk memulai resusitasi karena resusitasi dimulai 30 detik setelah lahir bila bayi tidak menangis. (bukan 1 menit seperti penilaian skor apgar)

F. KLASIFIKASI

Asfiksia neonatorum diklasifikasikan sbb:

1. Asphyksia Ringan ( vigorus baby)

Skor APGAR 7-10, bayi dianggap sehat dan tidak memerlukan tindakan istimewa.

2. Asphyksia sedang ( mild moderate asphyksia)

Skor APGAR 4-6, pada pemeriksaan fisik akan terlihat frekuensi jantung lebih dari 100/menit, tonus otot kurang baik atau baik, sianosis, reflek iritabilitas tidak ada.

3. Asphyksia Berat

Skor APGAR 0-3, pada pemeriksaan fisik ditemukan frekuensi jantung kurang dari 100 x permenit, tonus otot buruk, sianosis berat, dan kadang-kadang pucat, reflek iritabilitas tidak ada. Pada asphyksia dengan henti jantung yaitu bunyi jantung fetus menghilang tidak lebih dari 10 menit sebelum lahir lengkap atau bunyi jantung menghilang post partum, pemeriksaan fisik sama pada asphyksia berat.

G. KOMPLIKASI

Meliputi berbagai organ yaitu :
1. otak : edema otak,perdarahan otak,

2. jantung dan paru : hipertensi pulmonal persisten pada neonatus, perdarahan paru, edema paru.

3. ginjal : tubular nekrosis akut.

4. hiperbilirubenimia


H. PEMERIKSAAN PENUNJANG

1. Foto polos dada

2. USG kepala

3. laboratorium: darah rutin analisa gas darah,serum elektrolit

4. Baby Gram (RO dada)

I. PENATALAKSANAAN

Tindakan untuk mengatasi asfiksia neonatorum disebut resusitasi bayi baru lahir yang bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup bayi dan membatasi gejala sisa yang mungkin muncul. Tindakan resusitasi bayi baru lahir mengikuti tahapan-tahapan yang dikenal dengan ABC resusitasi :

1. Memastika saluran nafas terbuka :

· Meletakan bayi dalam posisi yang benar

· Menghisap mulut kemudian hidung kalau perlu trachea

· Bila perlu masukan Et untuk memastikan pernapasan terbuka

2. Memulai pernapasan :

· Lakukan rangsangan taktil Beri rangsangan taktil dengan menyentil atau menepuk telapak kakiLakukan penggosokan punggung bayi secara cepat,mengusap atau mengelus tubuh,tungkai dan kepala bayi.

· Bila perlu lakukan ventilasi tekanan positif

3. Mempertahankan sirkulasi darah :

Rangsang dan pertahankan sirkulasi darah dengan cara kompresi dada atau bila perlu menggunakan obat-obatan

Cara resusitasi dibagi dalam tindakan umum dan tindakan khusus :

1. Tindakan umum

a. Pengawasan suhu

b. Pembersihan jalan nafas

c. Rangsang untuk menimbulkan pernafasan

2. Tindakan khusus

a. Asphyksia berat

Resusitasi aktif harus segera dilaksanakan, langkah utama memperbaiki ventilasi paru dengan pemberian O2 dengan tekanan dan intermiten, cara terbaik dengan intubasi endotrakeal lalu diberikan O2 tidak lebih dari 30 mmHg. Asphiksia berat hampir selalu disertai asidosis, koreksi dengan bikarbonas natrium 2-4 mEq/kgBB, diberikan pula glukosa 15-20 % dengan dosis 2-4ml/kgBB. Kedua obat ini disuntuikan kedalam intra vena perlahan melalui vena umbilikalis, reaksi obat ini akan terlihat jelas jika ventilasi paru sedikit banyak telah berlangsung. Usaha pernapasan biasanya mulai timbul setelah tekanan positif diberikan 1-3 kali, bila setelah 3 kali inflasi tidak didapatkan perbaikan pernapasan atau frekuensi jantung, maka masase jantung eksternal dikerjakan dengan frekuensi 80-100/menit. Tindakan ini diselingi ventilasi tekanan dalam perbandingan 1:3 yaitu setiap kali satu ventilasi tekanan diikuti oleh 3 kali kompresi dinding toraks, jika tindakan ini tidak berhasil bayi harus dinilai kembali, mungkin hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan asam dan basa yang belum dikoreksi atau gangguan organik seperti hernia diafragmatika atau stenosis jalan nafas.

b. Asphyksia sedang

Stimulasi agar timbul reflek pernapsan dapat dicoba, bila dalam waktu 30-60 detik tidak timbul pernapasan spontan, ventilasi aktif harus segera dilakukan, ventilasi sederhana dengan kateter O2 intranasaldengan aliran 1-2 lt/mnt, bayi diletakkan dalam posisi dorsofleksi kepala. Kemudioan dilakukan gerakan membuka dan menutup nares dan mulut disertai gerakan dagu keatas dan kebawah dengan frekuensi 20 kali/menit, sambil diperhatikan gerakan dinding toraks dan abdomen. Bila bayi memperlihatkan gerakan pernapasan spontan, usahakan mengikuti gerakan tersebut, ventilasi dihentikan jika hasil tidak dicapai dalam 1-2 menit, sehingga ventilasi paru dengan tekanan positif secara tidak langsung segera dilakukan, ventilasi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan dari mulut ke mulut atau dari ventilasi ke kantong masker. Pada ventilasi dari mulut ke mulut, sebelumnya mulut penolong diisi dulu dengan O2, ventilasi dilakukan dengan frekuensi 20-30 kali permenit dan perhatikan gerakan nafas spontan yang mungkin timbul. Tindakan dinyatakan tidak berhasil jika setelah dilakukan berberapa saat terjasi penurunan frekuensi jantung atau perburukan tonus otot, intubasi endotrakheal harus segera dilakukan, bikarbonas natrikus dan glukosa dapat segera diberikan, apabila 3 menit setelah lahir tidak memperlihatkan pernapasan teratur, meskipun ventilasi telah dilakukan dengan adekuat.

ASUHAN KEPERAWATAN

1. PENGKAJIAN

a. identitas klien dan keluarga

b. riwayat kehamilan ibu dan persalinan ibu

c. pengukur hasil nilai apgar score bila nilainya 0-3 asfiksia berat,bila nilainya 4-6 asfiksia ringan

d. pengkajian dasar data neonates

1. sirkulasi

- Nadi apical cepat atau tidak,teratur atau tidak

- murmur jantung yang dapat di dengar

2. neurosensori

- tubuh panjang, kurus, lemas dengan perut agak buncit.

- Ukuran kepala besar dalam hubungan dengan tubuh, sutura mungkin mudah digerakkan, fontanel mungkin besar.

- Reflek tergantung pada usia gestasi.

3. pernafasan

- Nilai apgar mungkin renda

- Pernapasan mungkin dangkal, tidak teratur

- Mengorok, pernapasan cuping hidung, retrakasi suprasternal

- Adanya bunyi mengi selama fase inspirasi dan ekspirasi

- warna kulit

4. Keamanan

- suhu berfluaktasi dengan mudah

- menangis mungkin lemah

- menggunakan otot-otot bantu nafas

5. Makanan / cairan

berat badan kurang dari 2500 gr

2. Diagnosa

1. pola nafas tidak efektif b.d imaturitas paru dan neuromuskuler,penurunan energy,dan keletihan.

2. bersihan jalan nafas tidak efektif b.d obstruksi mekanis (adanya secret)

3. perubahan pertumbuhan dan perkembangan b.d kelahiran preterm,lingkungan NICU tidak alami,perpisahan dari orang tua

4. perubahan proses keluarga b.d krisis situasi/maturasi,,gangguan proseses kedekatan orang tua

3. Intervensi

DX.I

1. tempatkan pada posisi terlentang dengan leher sedikit ekstensi dan hidung menghadap ke atas

R: untuk mencegah adanya penyempitan jalan nafas

2. observasi adanya penyimpangan dari fungsi yang di inginkan,kenali tanda-tanda sianosis,pernafasan cuping hidung

3. lakukan penghisapan (suction)

R: untuk menghilangkan mucus yang terakumulasi dari nasofaring,tracea

4. lakukan perkusi,vibrasi,dan postural drainage sesuai indikasi

R: untuk memudahkan drainase secret

5. pertahankan suhu lingkungan yang netral

R: untuk menghemat penggunaan O2

6. pantau dengan ketat pengukuran gas darah

7. observasi dan kaji respon bayi terhadap terapi ventilasi dan oksigenasi

TUJUAN

1. jalan nafas tetap paten

2. pernafasan memberikan oksigenasi dan pembuangan CO2 yang adekuat

3. frekuensi dan pola nafas dalam batas yang sesuai

4. gas darah arteri dan keseimbangan asam basa dalam batas normal

5. oksigenasi jaringan adekuat

DX.II

1. aspirasi (hisap) dari jalan nafas sesuai kebutuhan

R: untuk memungkinkan reoksigenasi

2. beri posisi terlentang dengan kepala pada posisi”mengendus” dengan leher sedikit ekstensi

R: memungkinkan terbukanya jalan nafas

3. lakukan visioterapi dada bila di instruksikan

4. auskultasi kedua lapang paru

TUJUAN

1. jalan nafas tetap bersih

2. pernafasan dalam batas normal

DX.III

1. berikan nutrisi optimal

R: untuk menjamin penambahan berat badan yang mantap dan pertumbuhan otak

2. berikan periode istirahat yang teratur tanpa gangguan

R: untuk menurunkan penggunaan kalori dan O2 yang tidak perlu.

3. kenali adanya tanda-tanda stimulasi berlebihan(menguap,membelalak,peka rangsang,menangis

4. tingkatkan interaksi orang tua-bayi

R: merupakan hal yang esensial untuk pertumbuhan dan perkembangan normal

TUJUAN

1. bayi menunjukkan penambahan berat badan mantap saat melewati fase akut penyakit

2. bayi hanya terpapar stimulus yang tepat

DX.IV

1. dorong kunjungan orang tua sesering mungkian

R: untuk memulai proses kedekatan

2. dorong orang tua menyentuh,menggendong,dan merawat bayi sesuai degan kondisi fisik bayi,bersikap terlibat aktif dalam perawatan bayi

R: untuk meningkatkan kepercayaan diri orang tua

3. izinkan orang tua untuk menghabiskan waktu sendiri,bersama bayi

PADA SAUDARA KANDUNG

4. Dorong saudara kandung untuk mengunjungi bayi bila mungkin

5. jelaskan lingkungan,kejadian,penampilan bayi dan mengapa bayi tidak dapat pulang kerumah

R: untuk menyiapkan mereka untuk berkunjung

6. anjurkan saudara kandung untuk membuat foto ata membawa benda kecil lainnya,seperti surat,untuk bayi dan di letakkan pada incubator atau keranjang bayi.

TUJUAN

1. orang tua berhubungan secara positif dengan bayi

2. orang tua memberikan perawatan ,menunjukkan sikap nyaman dalam hubungan dengan bayi

3. saudara kandung mengunjungi bayi di NICU atau ruang perawatan

4. saudara kandung menunjukkan pemahaman terhadap keadaan bayi

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 0-3 BULAN

TUMBUH KEMBANG NEONATUS

Neonatus adalah masa kehidupan pertama di luar rahim sampai dengan 28 hari,dimana terjadi perubahan yang sangat besar dari kehidupan didalam rahim menjadi diluar rahim.

Dengan terpisahnya bayi dari ibu,maka terjadilah awal proses fisiologik :

1. peredaran darah oleh placenta digantikan oleh aktifnya fungsi paru

2. saluran cerna berfungsi untuk menyerap makanan

3. ginjal berfungsi untuk mengeluarkan bahan yang tidak terpakai lagi

4. hati digunakan untuk menetralisasi dan mengekresi bahan racun

5. system imunologik berfungsi untuk mencegah infeksi

6. system kardivaskuler

BAYI BULAN PERTAMA

1. berat badan 3,0-4,3 kg

2. panjang badan 49,8-54,6

3. lingkar kepala 33-39 cm

4. gerakan kasar: tangan dan kaki bergerak aktif

5. gerakan halus : kepala menoleh kesamping kanan kiri

6. komunikasi/bicara : bereaksi terhadap bunyi lonceng

7. social kemandirian: menatap wajah ibu/pengasuh

BAYI BULAN KEDUA

1. berat badan 3,6 -5,3 kg

2. panjang badan 52,8-58,1 cm

3. lingkar kepala 35-41 cm

4. gerakan kasar mengangkat kepala ketika tengkurap

5. gerakan halus kepala menoleh kanan kiri

6. komunikasi/bicara bersuara

7. social kemandirian tersenyum spontan

BAYI BULAN KETIGA

1. berat badan rata-rata naik 140-200 gram / minggu

2. panjang badan rata-rata bertambah 2,5 cm/bln pada usia tiga bulan rata-rata 5,6-6,1 kg

3. lingkar kepla rata-rata bertambah 1,5 cm pada usia tiga bulan rata-rata 37-43cm

4. rasa lapar dan keinginan untuk makan ditunjukkan dengan menagis,bila sudah terpenuhi bayi akan tidur

5. belajar mengangkat kepala

6. belajar dengan mengikuti objek dengan matanya

7. melihat kemuka seseorang dan tersenyum

8. beraksi terhadap suara dan bunyi

9. mengenal ibunya dengan penglihatan,penciuman,pendengaran dan kontak

10. menahan barang yang dipegangnya

11. mengoceh spontan atau bereaksi dengan mengoceh

DAMPAK HOSPITALISASI PADA NEONATUS DAN PADA KELUARGANYA

Bila bayi terlahir sebagai neonatus yang sakit,akan terjadi gangguan hubungan tali kasih antara orang tua dan bayi nya.perawat yang langsung merawat bayi yang sakit dapat membantu mempertahankan hubungan tali kasih antara orang tua dan bayi dengan melibatkan orang tua dalam merawat bayi nya.baik secara langsung maupun tidak langsung.

RESPON DAN KEMAMPUAN ADAPTASI ORANG TUA

Respon orangtua pada neonates yang dirawat tergantung beberapa hal :

1. kepribadian orang tua

2. latar belakang social budaya

3. interaksi dengan orang terdekat

Reaksi orang tua terhadap penyakit anak nya tergantung pada:

1. keseriusan yang mengancam

2. pengalaman dengan penyakit atau hospitalisasi

3. prosedur medis

4. system pendukung yang ada

5. kemampuan koping

6. keyakinan agama dan latar belakang budaya

7. pola komunikasi anggota keluarga

RESPON SAUDARA KANDUNG

Respon saudara kandung terhadap saudaranya yang sakit tergantung pada usianya.namun stress umum yang dirasakan saudara kandung terhadap saudara yang sakit adalah :

1. perpisahan

2. kehilangan kendali

3. perubahan gambaran diri

4. rasa takut

DAMPAK HOSPITALISASI ATAU PERAWATAN TERHADAP NEONATUS

Kemunduran tumbuh kembanng umum terjadi pada bayi dengan prematuritas,berat lahir rendah,asfiksia,sakit berat. menurut penelitian neonates yang dirawat di NICU mengalami kemunduran tumbuh kembang sebanyak 15-35%.faktor yang mempengaruhi kelambatan tumbuh kembang selain hospitalisasi antara lain:

1. perkembangan otak yang imatur

2. factor resiko yang menyebabkan resiko lainnya,misalnya kecacatan

3. pola asuh orang tua dan linkungan

Reaksi bayi terhadap Hospitalisasi:

1. berpisah dengan orang tua menyebabkan gangguan rasa percaya dan kasih saying

2. bayi akan merasa cemas ditandai dengan (menangis,melekat pada ibu nya.

Reaksi orang tua terhadap hospitalisasi anak:

1. takut

2. strees

3. cemas

4. sedih

5. frustasi

DAFTAR PUSTAKA

Cecily L.Betz & Linda A. Sowden, 2001, Buku saku Keperawatan Pediatri, EGC, Jakarta.

L Wong.Donna,2003,Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik Edisi 4,EGC,Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar