SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : ASUHAN KEBIDANAN IBU I (KEHAMILAN)
BOBOT : 4 SKS (T:1, P: 3)
Pertemuan ke | Pokok Bahasan (Tujuan Intruksional Umum/TIU) | Sub Pokok Bahasan dan Sasaran Belajar (Tujuan Instruksional Khusus/TIK) | Cara Pembelajaran | Media | Tugas | Referensi | ||||
1 | KONSEP DASAR ASUHAN KEHAMILAN Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya. | 1.1 Philosofi asuhan kebidanan 1.2 Lingkup asuhan kehamilan 1.3 Prinsip pokok asuhan kehamilan 1.4 Sejarah asuhan kehamilan 1.5 Tujuan asuhan kehamilan 1.6 Refocusing asuhan kehamilan 1.7 Standar asuhan kehamilan 1.8 Tipe pelayanan asuhan kehamilan 1.9 Hak-hak wanita hamil 1.10 Tenaga profesional (asuhan kehamilan) 1.11 Issue terkini dalam asuhan kehamilan 1.12 Evidence Base dalam praktik kehamilan Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar asuhan dalam pelayanan ANC dengan benar. | Brain storming, CTJ, Diskusi, Role play | Flip chart, Multimedia, Hand out | - | BW 3 BA 9 | ||||
2 | 2.1 ANATOMI FISIOLOGI ORGAN REPRODUKSI WANITA 2.2 KONSEPSI, 2.3 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN HASIL KONSEPSI Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya. | 2.1.1 Genitalia interna dan eksterna 2.1.2 Panggul 2.1.3 Siklus hormonal 2.2.1 Ovum dan sperma 2.2.2 Fertilisasi dan Implantasi 2.3.1 Pertumbuhan dan perkembangan embrio 2.3.2 Struktur dan fungsi amnion 2.3.3 Struktur, fungsi dan sirkulasi tali pusat 2.3.4 Struktur, fungsi dan sirkulasi plasenta 2.3.5 Sirkulasi darah fetus 2.3.6 Menentukan usia kehamilan 2.3.7 Menentukan periode kehamilan Mahasiswa dapat menjelaskan tentang: - Anatomi fisiologi organ reproduksi wanita, - Konsepsi, - Pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi | Brain storming CTJ | Multimedia, Hand out | - | BU 1 Chapt 17 BU 3 topik 2 BA 2 part 2 chapt 4,5 BA 9 BU chapt 17 BU 3 topik 2 Pelajaran 1,2 BA 2 part 2 chapt 4,5 | ||||
3 | PERUBAHAN ANATOMI DAN ADAPTASI FISIOLOGIS PADA IBU HAMIL TRIMESTER I,II,III Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya. | 3.1.1 Siatem reproduksi 3.1.2 Payudara 3.1.3 Sistem endokrin 3.1.4 Sitem kekebalan 3.1.5 Sistem perkemihan 3.1.6 Sistem pencernaan 3.1.7 Sistem muskuloskeletal 3.1.8 Sistem kardiovaskuler 3.1.9 Sistem integumen 3.1.10 Metabolisme 3.1.11 Berat badan dan Indeks Massa Tubuh (IMT) 3.1.12 Darah dan pembekuan darah 3.1.13 Sistem pernafasan 3.1.14 Sistem persyarafan Mahasiswa dapat menjelaskan proses adaptasi fisiologis dan psikologis dalam kehamilan dengan tepat. | Brain storming CTJ | Multimedia, Hand out, Flip chart | Quiz | BU 1 chapt 17 BU 2 part 8 BU 3 topik 2 pelajaran 2,3 BA 2 chapt 11,17 | ||||
4 | 4.1 PERUBAHAN DAN ADAPTASI PSIKOLOGIS DALAM MASA KEHAMILAN 4.2 TANDA-TANDA KEHAMILAN 4.3 PEMERIKSAAN DIAGNOSTIK KEHAMILAN Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya. | 3.2.1 Pada kehamilan trimester I 3.2.2 Pada kehamilan trimester II 3.2.3 Pada kehamilan trimester III 4.1.1 Pasti 4.1.2 Tidak pasti 4.1.3 Kemungkinan Mahasiswa dapat : - Membantu ibu hamil dalam proses adaptasi fisiologis dan psikologis dalam kehamilan. - Mendiagnosa kehamilan dengan benar. | Brain storming CTJ | Multimedia, Hand out | - | BA 6, Bab I, hal 133-140 BA 2, hal 157-169 BU 1,2 BA 1,6 | ||||
5 | 5.1 FAKTOR FISIK 5.2 FAKTOR PSIKOLOGIS 5.3 FAKTOR LINGKUNGAN, SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya. | 5.1.1 Status kesehatan 5.1.2 Status gizi 5.1.3 Gaya hidup: subtance abuse, perokok, hamil diluar nikah, kehamilan tidak diharapkan 5.2.1 Stressor internal dan eksternal 5.2.2 Support keluarga 5.2.3 Substance abuse 5.2.4 Pertner abuse 5.3.1 Kebiasaan adat istiadat 5.3.2 Fasilitas kesehatan 5.3.3 Ekonomi Mahasiswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan | Brain storming CTJ | Multimedia, Hand out | - | BU 1 chapt 21 BU 2 part 6 | ||||
6 | KEBUTUHAN FISIK IBU HAMIL TRIMESTER I,II,III Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya. | 6.1.1 Oksigen 6.1.2 Nutrisi 6.1.3 Personal hygiene 6.1.4 Pakaian 6.1.5 Eliminasi 6.1.6 Seksual 6.1.7 Mobilisasi, Body mekanik 6.1.8 Exercise/senam hamil 6.1.9 Istirahat/tidur 6.1.10 Imunisasi 6.1.11 Traveling 6.1.12 Persiapan laktasi 6.1.13 Persiapan persalinan dan kelahiran bayi 6.1.14 Memantau kesejahteraan janin 6.1.15 Ketidaknyamanan dan cara mengatasi 6.1.16 Kunjungan ulang 6.1.17 Pekerjaan 6.1.18 Tanda bahaya dalam kehamilan Mahasiswa dapat menjelaskan kebutuhan dasar fisik ibu hamil sesuai dengan tahap perkembangannya | Brain storming CTJ | Multimedia, Hand out | - | BU 1 chapt 18 Bu 3 topik 4 pel 1,4,5 BA 1 N 5 BA 3 chapt 5 BA 4 BA 5 chapt 2,7,9,10 | ||||
7 | KEBUTUHAN PSIKOLOGI IBU HAMIL TRIMESTER I,II,III Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya. | 7.1.1 Support keluarga 7.1.2 Support dari tenaga kesehatan 7.1.3 Rasa aman dan nyaman selama kehamilan 7.1.4 Persiapan menjadi orang tua 7.1.5 Persiapan sibling Mahasiswa dapat menjelaskan kebutuhan dasar psikologi ibu hamil sesuai dengan tahap perkembangannya | Brain storming CTJ | Flipchart Multimedia Hand Out White board | Membuat makalah dengan topik materi kuliah | BU 1 BA 2 p.151-169 BA 6 p.157-159 | ||||
8 | UJIAN TENGAH SEMESTER | |||||||||
9 | ASUHAN KEHAMILAN KUNJUNGAN AWAL Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya. | 9.1.1 Tujuan kunjungan 9.1.2 Pengkajian data kesehatan ibu hamil - Riwayat kesehatan: sosial, riwayat kebidanan, keluarga, penyakit - Pemeriksaan fisik - Pemeriksaan panggul - Pemeriksaan laboratorium - Pengkajian emosional 9.1.3 Pengkajian fetal - Gerakan janin - DJJ - NST (Non Stress Test) - Amniocentesis Mahasiswa dapat melakukan pengkajian data pada ibu hamil dalam praktik kebidanan dengan benar | Brain storming CTJ | Multimedia Hand Out White board | - | BU 1 chapt 18 Bu 2 chapt 10 BU 3 topik 3 pel 1-7 BA 5 chapt 5,8 | ||||
10 | MENENTUKAN DIAGNOSA Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya. | 10.1.1 Menetapkan normalitas kehamilan 10.1.2 Membedakan antara ketidaknyamanan dalam kehamilan dan kemungkinan komplikasi 10.1.3 Mengidentifikasi tanda dan gejala penyimpangan dari keadaan normal 10.1.4 Mengidentifikasi kemungkinan kebutuhan belajar Mahasiswa dapat menentukan diagnosa dalam kehamilan dengan benar | Brain storming CTJ | Multimedia Hand Out White board | - | BU 1 chapt 18 BU 2 chapt 10 BU 3 topik 3, pel 1-7 BA 5 chapt 5,8 | ||||
11 | MENGEMBANGKAN PERENCANAAN ASUHAN YANG KOMPREHENSIF Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya. | 11.1.1 Menetapkan kebutuhan test laboratorium 11.1.2 Menetapkan kebutuhan belajar 11.1.3 Menetapkan kebutuhan untuk pengobatan komplikasi ringan 11.1.4 Menetapkan kebutuhan konsultasi atau rujukan pada tenaga profesional lainnya 11.1.5 Menetapkan kebutuhan untuk konseling spesifik atau anticipatory guidance 11.1.6 Menetapkan kebutuhan konseling HIV/PMS 11.1.7 Menetapkan jadwal kunjungan sesuai dengan perkembangan kehamilan Mahasiswa dapat mengembangkan perencanaan asuhan yang komprehensif pada ibu hamil dengan benar | Brain storming CTJ | Multimedia Hand Out White board | - | BU 1 chapt 18 BU 2 chapt 10 BU 3 topik 3, pel 1-7 BA 5 chapt 5,8 | ||||
12 | 12.1 ASUHAN KEHAMILAN KUNJUNGAN ULANG 12.2 PENGKAJIAN DATA FOKUS 12.3 MENGEMBANGKAN RENCANA SESUAI DENGAN KEBTUHAN DAN PERKEMBANGAN KEHAMILAN Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya. | 12.1.1 Mengevaluasi penemuan masalah yang terjadi, aspek-aspek yang menonjol pada wanita hamil 12.1.2 Mengevaluasi data dasar 12.1.3 Mengevaluasi keefektifan manajemen/ asuhan 12.2.1 Riwayat untuk deteksi komplikasi dan ketidaknyamanan 12.2.2 Pemeriksaan fisik 12.2.3 Pemeriksaan laboratorium Mahasiswa dapat memberikan asuhan kehamilan pada kunjungan ulang | Brain storming CTJ | Multimedia Hand Out White board | - | BU 1 chapt 18 BU 2 chapt 10 BU 3 topik 3, pel 1-7 BA 5 chapt 5,8 | ||||
13 | TANDA-TANDA DINI BAHAYA/KOMPLIKASI IBU DAN JANIN MASA KEHAMILAN MUDA Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya. | 13.1.1 Perdarahan pervaginam 13.1.2 Hipertensi gravidarum 13.1.3 Nyeri perut bagian bawah Mahasiswa dapat melaksanakan deteksi dini terhadap komplikasi ibu dan janin masa kehamilan muda | Brain storming CTJ | Multimedia Hand Out White board | Quiz | BU 1 chapt 21 BU 3 topik 4 pel 2 | ||||
14 | TANDA-TANDA DINI BAHAYA/KOMPLIKASI IBU DAN JANIN MASA KEHAMILAN LANJUT Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya. | 14.1.1 Perdarahan pervaginam 14.1.2 Sakit kepala yang hebat 14.1.3 Penglihatan kabur 14.1.4 Bengkak di wajah dan jari-jari tangan 14.1.5 Keluar cairan pervaginam 14.1.6 Gerakan janin tidak terasa 14.1.7 Nyeri perut yang hebat Mahasiswa dapat melaksanakan deteksi dini terhadap komplikasi ibu dan janin masa kehamilan lanjut | Brain storming CTJ | Multimedia Hand Out White board | - | BU 1 chapt 21 BU 3 topik 4 pel 2 | ||||
15 | DOKUMENTASI ASUHAN KEHAMILAN Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya. | 15.1.1 Model-model dokumentasi asuhan 15.1.2 Prinsip dokumentasi 15.1.3 Aspek legal dokumentasi Mahasiswa dapat melakukan pendokumentasian asuhan kehamilan | Brain storming CTJ | Multimedia Hand Out White board | - | BU 1 chapt 21 BU 3 topik 4 pel 2 | ||||
16 | UJIAN AKHIR SEMESTER | |||||||||
Daftar Referensi :
Buku Utama (BU)
- Varney ( 1997 ), Varney’s Midwifevery, ( BU 1 )
- Bennet, V.R. Brown, L.K ( 1993 ) Myles text book for midwives (BU 2)
- Pusdiknakes : WHO: JHPIEGO, 2001, Buku asuhan antenatal.
Buku Anjuran (BA)
- Saifuddin , Abdul Bari, dkk 2002 Panduan praktis pelayanan maternal dan neonatal. ( BA 1 )
- Sweet BR 1997 Mayes midwifery BA2
- Murray at all 2000 A guide to effective care in pregnancy and childbirth BA 3.
- Balaskas J. 1997, Easy exercise BA 4.
- Nolan M 2002 Education and support for parenting.
- Seller P.M 2000 Midwifery ( BA 6 )
- MNH depkes , USAID, IBI, 2002, Komunikasi efektif.
- Pusdiknakes, WHO JHPIEGO 2001 Konsep asuhan kebidanan.
- Linda V Walsh, Midwifery- community- based care during the childbearing year 2001.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar