Selasa, 01 November 2011

SATUAN ACARA PERKULIAHAN ASUHAN KEBIDANAN IBU I (KEHAMILAN)

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : ASUHAN KEBIDANAN IBU I (KEHAMILAN)

BOBOT : 4 SKS (T:1, P: 3)

Pertemuan ke

Pokok Bahasan

(Tujuan Intruksional Umum/TIU)

Sub Pokok Bahasan dan Sasaran Belajar (Tujuan Instruksional Khusus/TIK)

Cara Pembelajaran

Media

Tugas

Referensi

1

KONSEP DASAR ASUHAN

KEHAMILAN

Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya.

1.1 Philosofi asuhan kebidanan

1.2 Lingkup asuhan kehamilan

1.3 Prinsip pokok asuhan kehamilan

1.4 Sejarah asuhan kehamilan

1.5 Tujuan asuhan kehamilan

1.6 Refocusing asuhan kehamilan

1.7 Standar asuhan kehamilan

1.8 Tipe pelayanan asuhan kehamilan

1.9 Hak-hak wanita hamil

1.10 Tenaga profesional (asuhan kehamilan)

1.11 Issue terkini dalam asuhan kehamilan

1.12 Evidence Base dalam praktik kehamilan

Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar asuhan dalam pelayanan ANC dengan benar.

Brain storming,

CTJ,

Diskusi,

Role play

Flip chart, Multimedia, Hand out

-

BW 3

BA 9

2

2.1 ANATOMI FISIOLOGI ORGAN REPRODUKSI WANITA

2.2 KONSEPSI,

2.3 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN HASIL KONSEPSI

Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya.

2.1.1 Genitalia interna dan eksterna

2.1.2 Panggul

2.1.3 Siklus hormonal

2.2.1 Ovum dan sperma

2.2.2 Fertilisasi dan Implantasi

2.3.1 Pertumbuhan dan perkembangan embrio

2.3.2 Struktur dan fungsi amnion

2.3.3 Struktur, fungsi dan sirkulasi tali pusat

2.3.4 Struktur, fungsi dan sirkulasi plasenta

2.3.5 Sirkulasi darah fetus

2.3.6 Menentukan usia kehamilan

2.3.7 Menentukan periode kehamilan

Mahasiswa dapat menjelaskan tentang:

- Anatomi fisiologi organ reproduksi wanita,

- Konsepsi,

- Pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi

Brain storming

CTJ

Multimedia, Hand out

-

BU 1 Chapt 17

BU 3 topik 2

BA 2 part 2 chapt 4,5

BA 9

BU chapt 17

BU 3 topik 2 Pelajaran 1,2

BA 2 part 2 chapt 4,5

3

PERUBAHAN ANATOMI DAN ADAPTASI FISIOLOGIS PADA IBU HAMIL TRIMESTER I,II,III

Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya.

3.1.1 Siatem reproduksi

3.1.2 Payudara

3.1.3 Sistem endokrin

3.1.4 Sitem kekebalan

3.1.5 Sistem perkemihan

3.1.6 Sistem pencernaan

3.1.7 Sistem muskuloskeletal

3.1.8 Sistem kardiovaskuler

3.1.9 Sistem integumen

3.1.10 Metabolisme

3.1.11 Berat badan dan Indeks Massa Tubuh (IMT)

3.1.12 Darah dan pembekuan darah

3.1.13 Sistem pernafasan

3.1.14 Sistem persyarafan

Mahasiswa dapat menjelaskan proses adaptasi fisiologis dan psikologis dalam kehamilan dengan tepat.

Brain storming

CTJ

Multimedia, Hand out, Flip chart

Quiz

BU 1 chapt 17

BU 2 part 8

BU 3 topik 2 pelajaran 2,3

BA 2 chapt 11,17

4

4.1 PERUBAHAN DAN ADAPTASI PSIKOLOGIS DALAM MASA KEHAMILAN

4.2 TANDA-TANDA KEHAMILAN

4.3 PEMERIKSAAN DIAGNOSTIK KEHAMILAN

Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya.

3.2.1 Pada kehamilan trimester I

3.2.2 Pada kehamilan trimester II

3.2.3 Pada kehamilan trimester III

4.1.1 Pasti

4.1.2 Tidak pasti

4.1.3 Kemungkinan

Mahasiswa dapat :

- Membantu ibu hamil dalam proses adaptasi fisiologis dan psikologis dalam kehamilan.

- Mendiagnosa kehamilan dengan benar.

Brain storming

CTJ

Multimedia, Hand out

-

BA 6, Bab I, hal 133-140

BA 2, hal 157-169

BU 1,2

BA 1,6

5

5.1 FAKTOR FISIK

5.2 FAKTOR PSIKOLOGIS

5.3 FAKTOR LINGKUNGAN, SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI

Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya.

5.1.1 Status kesehatan

5.1.2 Status gizi

5.1.3 Gaya hidup: subtance abuse, perokok, hamil diluar nikah, kehamilan tidak diharapkan

5.2.1 Stressor internal dan eksternal

5.2.2 Support keluarga

5.2.3 Substance abuse

5.2.4 Pertner abuse

5.3.1 Kebiasaan adat istiadat

5.3.2 Fasilitas kesehatan

5.3.3 Ekonomi

Mahasiswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan

Brain storming

CTJ

Multimedia, Hand out

-

BU 1 chapt 21

BU 2 part 6

6

KEBUTUHAN FISIK IBU HAMIL TRIMESTER I,II,III

Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya.

6.1.1 Oksigen

6.1.2 Nutrisi

6.1.3 Personal hygiene

6.1.4 Pakaian

6.1.5 Eliminasi

6.1.6 Seksual

6.1.7 Mobilisasi, Body mekanik

6.1.8 Exercise/senam hamil

6.1.9 Istirahat/tidur

6.1.10 Imunisasi

6.1.11 Traveling

6.1.12 Persiapan laktasi

6.1.13 Persiapan persalinan dan kelahiran bayi

6.1.14 Memantau kesejahteraan janin

6.1.15 Ketidaknyamanan dan cara mengatasi

6.1.16 Kunjungan ulang

6.1.17 Pekerjaan

6.1.18 Tanda bahaya dalam kehamilan

Mahasiswa dapat menjelaskan kebutuhan dasar fisik ibu hamil sesuai dengan tahap perkembangannya

Brain storming

CTJ

Multimedia, Hand out

-

BU 1 chapt 18

Bu 3 topik 4 pel 1,4,5

BA 1 N 5

BA 3 chapt 5

BA 4

BA 5 chapt 2,7,9,10

7

KEBUTUHAN PSIKOLOGI IBU HAMIL TRIMESTER I,II,III

Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya.

7.1.1 Support keluarga

7.1.2 Support dari tenaga kesehatan

7.1.3 Rasa aman dan nyaman selama kehamilan

7.1.4 Persiapan menjadi orang tua

7.1.5 Persiapan sibling

Mahasiswa dapat menjelaskan kebutuhan dasar psikologi ibu hamil sesuai dengan tahap perkembangannya

Brain storming

CTJ

Flipchart

Multimedia

Hand Out

White board

Membuat makalah dengan topik materi kuliah

BU 1

BA 2 p.151-169

BA 6 p.157-159

8

UJIAN TENGAH SEMESTER

9

ASUHAN KEHAMILAN KUNJUNGAN AWAL

Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya.

9.1.1 Tujuan kunjungan

9.1.2 Pengkajian data kesehatan ibu hamil

- Riwayat kesehatan: sosial, riwayat kebidanan, keluarga, penyakit

- Pemeriksaan fisik

- Pemeriksaan panggul

- Pemeriksaan laboratorium

- Pengkajian emosional

9.1.3 Pengkajian fetal

- Gerakan janin

- DJJ

- NST (Non Stress Test)

- Amniocentesis

Mahasiswa dapat melakukan pengkajian data pada ibu hamil dalam praktik kebidanan dengan benar

Brain storming

CTJ

Multimedia

Hand Out

White board

-

BU 1 chapt 18

Bu 2 chapt 10

BU 3 topik 3 pel 1-7

BA 5 chapt 5,8

10

MENENTUKAN DIAGNOSA

Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya.

10.1.1 Menetapkan normalitas kehamilan

10.1.2 Membedakan antara ketidaknyamanan dalam kehamilan dan kemungkinan komplikasi

10.1.3 Mengidentifikasi tanda dan gejala penyimpangan dari keadaan normal

10.1.4 Mengidentifikasi kemungkinan kebutuhan belajar

Mahasiswa dapat menentukan diagnosa dalam kehamilan dengan benar

Brain storming

CTJ

Multimedia

Hand Out

White board

-

BU 1 chapt 18

BU 2 chapt 10

BU 3 topik 3, pel 1-7

BA 5 chapt 5,8

11

MENGEMBANGKAN PERENCANAAN ASUHAN YANG KOMPREHENSIF

Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya.

11.1.1 Menetapkan kebutuhan test laboratorium

11.1.2 Menetapkan kebutuhan belajar

11.1.3 Menetapkan kebutuhan untuk pengobatan komplikasi ringan

11.1.4 Menetapkan kebutuhan konsultasi atau rujukan pada tenaga profesional lainnya

11.1.5 Menetapkan kebutuhan untuk konseling spesifik atau anticipatory guidance

11.1.6 Menetapkan kebutuhan konseling HIV/PMS

11.1.7 Menetapkan jadwal kunjungan sesuai dengan perkembangan kehamilan

Mahasiswa dapat mengembangkan perencanaan asuhan yang komprehensif pada ibu hamil dengan benar

Brain storming

CTJ

Multimedia

Hand Out

White board

-

BU 1 chapt 18

BU 2 chapt 10

BU 3 topik 3, pel 1-7

BA 5 chapt 5,8

12

12.1 ASUHAN KEHAMILAN KUNJUNGAN ULANG

12.2 PENGKAJIAN DATA FOKUS

12.3 MENGEMBANGKAN RENCANA SESUAI DENGAN KEBTUHAN DAN PERKEMBANGAN KEHAMILAN

Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya.

12.1.1 Mengevaluasi penemuan masalah yang terjadi, aspek-aspek yang menonjol pada wanita hamil

12.1.2 Mengevaluasi data dasar

12.1.3 Mengevaluasi keefektifan manajemen/ asuhan

12.2.1 Riwayat untuk deteksi komplikasi dan ketidaknyamanan

12.2.2 Pemeriksaan fisik

12.2.3 Pemeriksaan laboratorium

Mahasiswa dapat memberikan asuhan kehamilan pada kunjungan ulang

Brain storming

CTJ

Multimedia

Hand Out

White board

-

BU 1 chapt 18

BU 2 chapt 10

BU 3 topik 3, pel 1-7

BA 5 chapt 5,8

13

TANDA-TANDA DINI BAHAYA/KOMPLIKASI IBU DAN JANIN MASA KEHAMILAN MUDA

Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya.

13.1.1 Perdarahan pervaginam

13.1.2 Hipertensi gravidarum

13.1.3 Nyeri perut bagian bawah

Mahasiswa dapat melaksanakan deteksi dini terhadap komplikasi ibu dan janin masa kehamilan muda

Brain storming

CTJ

Multimedia

Hand Out

White board

Quiz

BU 1 chapt 21

BU 3 topik 4 pel 2

14

TANDA-TANDA DINI BAHAYA/KOMPLIKASI IBU DAN JANIN MASA KEHAMILAN LANJUT

Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya.

14.1.1 Perdarahan pervaginam

14.1.2 Sakit kepala yang hebat

14.1.3 Penglihatan kabur

14.1.4 Bengkak di wajah dan jari-jari tangan

14.1.5 Keluar cairan pervaginam

14.1.6 Gerakan janin tidak terasa

14.1.7 Nyeri perut yang hebat

Mahasiswa dapat melaksanakan deteksi dini terhadap komplikasi ibu dan janin masa kehamilan lanjut

Brain storming

CTJ

Multimedia

Hand Out

White board

-

BU 1 chapt 21

BU 3 topik 4 pel 2

15

DOKUMENTASI ASUHAN KEHAMILAN

Mampu melakukan asuhan kebidanan pada kehamilan berdasarkan konsep dan keterampilan serta evidence base dalam praktik kebidanan dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan melalui pokok-pokok asuhan ibu hamil pada kunjungan pertama dan kunjungan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya.

15.1.1 Model-model dokumentasi asuhan

15.1.2 Prinsip dokumentasi

15.1.3 Aspek legal dokumentasi

Mahasiswa dapat melakukan pendokumentasian asuhan kehamilan

Brain storming

CTJ

Multimedia

Hand Out

White board

-

BU 1 chapt 21

BU 3 topik 4 pel 2

16

UJIAN AKHIR SEMESTER

Daftar Referensi :

Buku Utama (BU)

  1. Varney ( 1997 ), Varney’s Midwifevery, ( BU 1 )
  2. Bennet, V.R. Brown, L.K ( 1993 ) Myles text book for midwives (BU 2)
  3. Pusdiknakes : WHO: JHPIEGO, 2001, Buku asuhan antenatal.

Buku Anjuran (BA)

  1. Saifuddin , Abdul Bari, dkk 2002 Panduan praktis pelayanan maternal dan neonatal. ( BA 1 )
  2. Sweet BR 1997 Mayes midwifery BA2
  3. Murray at all 2000 A guide to effective care in pregnancy and childbirth BA 3.
  4. Balaskas J. 1997, Easy exercise BA 4.
  5. Nolan M 2002 Education and support for parenting.
  6. Seller P.M 2000 Midwifery ( BA 6 )
  7. MNH depkes , USAID, IBI, 2002, Komunikasi efektif.
  8. Pusdiknakes, WHO JHPIEGO 2001 Konsep asuhan kebidanan.
  9. Linda V Walsh, Midwifery- community- based care during the childbearing year 2001.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar