Jumat, 22 April 2011

SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)

Mata Kuliah : Asuhan Kebidanan
Kode Mata Kuliah : BD.
SKS : 2 SKS (T:2 ; P:1)
Waktu Pertemuan : 2 x 50 menit
Pertemuan ke :

A. Tujuan
1. TIU : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa Kebidanan Universitas
Batam diharapkan mampu memberikan asuhan kebidanan pada perempuan sepanjang
siklus kehidupan berdasarkan evidence based dalam perspektif gender dan HAM
dengan menggunakan ilmu terkini dan teknologi tepat guna

2. TIK : Pada akhir kegiatan pembelajaran mahasiswa diharapkan mampu
melaksanakan asuhan intranatal berdasarkan avidence based dalam prespektif gender
dan HAM dengan menggunakan ilmu terkini dan teknologi tepat guna

B. Pokok Bahasan : asuhan intranatal berdasarkan avidence based dalam prespektif gender
dan HAM

C. Sub Pokok Bahasan :
• Asuhan intranatal berdasarkan avidence based
- Dukungan persalinan (fisik dan psikologis)
- Pemeriksaan dalam acara asptic, sesuai indikasi dengan memperhatikan hak dan
privasi klien
- Penggunaan patograf dan deteksi tanda-tanda bahaya (kala I, II, III, IV)
- Posisi gerakan yang aman dan nyaman selama persalinan
- Pemenuhan nutrisi dan hidrasi dalam persalinan
- Pengatiran nafas dalam kala II persalinan
- Episiotomi sesuai indikasi
- Penggunaan oksitosiksika pada kala III
- Penjahitan perineum tingkat I dan II
• Support sistem dalam asuhan intranatal
• Implementasi hak ibu dan bayi pada masa persalinan

D. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap Kegiatan Kegiatan Mahasiswa Media & alat
penyajian
Pendahuluan 1. Deskripsi :
Mata kuliah ini membahas tentang
asuhan intranatal berdasarkan
avidence based dalam prespektif
gender dan HAM
2. Relevansi :
Setelah mendapatkan mata kuliah
ini mahasiswa mampu menjelaskan
asuhan intranatal berdasarkan
evidence based, support sistem
dalam asuhan intranatal,
implementasi hak ibu dan bayi pada
masa persalinan
3. TIK :
Pada akhir kegiatan pembelajaran
mahasiswa diharapkan mampu
melaksanakan asuhan intranatal
berdasarkan avidence based dalam
Mendengarkan prespektif gender dan HAM dengan
menggunakan ilmu terkini dan
teknologi tepat guna
Penyajian - Uraian :
Menjelaskan tentang asuhan
intranatal berdasarkan evidence
based, support sistem dalam asuhan
intranatal, implementasi hak ibu
dan bayi pada masa persalinan

- Contoh :
Memberikan contoh tentang asuhan
intranatal berdasarkan evidence
based, support sistem dalam asuhan
intranatal, implementasi hak ibu
dan bayi pada masa persalinan

- Latihan :
Quiz
Tanya jawab
- Mendengarkan
- Mencatat
- Diskusi
kelompok
- Bertanya
LCD
Power point
White board
Penutup - Test :
Evaluasi langsung

- Umpan balik :
Mahasiswa merespon materi yang
diberikan

- Tindak lanjut :
Quiz
- Menjawab
pertanyaan
- Mencatat
- Berdiskusi
- Mendengarkan


E. Evaluasi:
Materi ini akan diujikan pada UTS, bentuk soal adalah Esay, dengan jumlah 1 soal

F. Daftar Pustaka
1. Varney H, 1997. Varney’s Midwifery trird edition, Jhons dan Barlet, England
2. Enkin, 2002. A guide for effective care
3. Depkes, 2002. SPK buku catatan perkembangan kebidanan
4. YPKP, 2004. Gender dalam kesehatan reproduksi
5. Jurnal-jurnal tentang issue kebidanan terkini
6. Website www.Midwifery today.com dll
7. Sweet B.R, 2000. Mayes midwifery a text book for midwives edisi 12
8. Saifudin A.B 2000, buku acuan nasional palayanan kesehatan maternal dan neonatal,
Jakarta
9. Depkes, 2002 Makingh prgnanc, Jakarta
10. Depkes, 2000. Safe motherhood, Jakarta
11. Depkes RI, 2005 buku catatan tentang perkembangan dalam praktik kebidanan,
Jakarta, PP IBI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar