SATUAN
ACARA PENYULUHAN (SAP)
RETARDASI
MENTAL
Nama kegiatan :
Penyuluhan kesehatan keperawatan keluarga
Materi :
Retardasi Mental
Hari / tanggal
: Kamis, 9
Desember 2004
Waktu
: 15.00 –
15.30 WIB
Tempat :
Rumah Ny.Stjh RT 08 / RW 17 Dukuh Nanggulan
Latar Belakang
Kehadiran anak dengan
retardasi mental tidak pernah diharapkan atau tidak dapat di perkirakan
sebelumnya. Bahkan banyak anak dengan retardasi mental baru diketahui
kelainannya setelah berusia balita atau kadang-kadang setelah masuk sekolah
dasar, bahkan lebih dari usia tersebut. Anak dengan retardasi mental bisa lahir
dan berasal dari orangtua tang sehat tanpa ada keturunan retardasi mental, dari
keluarga yang harmonis, dari keluarga yang kaya, dari keluarga dengan intelektual
tinggi dan berpendidikan, dari keluarga apa saja tanpa ”pandang bulu”. Oleh
karena itu hingga sekarang ini masih sukar untuk menentukan sebab-sebab pasti
terjadinya retardasi mental. Banyak faktor yang berperan dan saling
berinteraksi dalam hal ini.
Tujuan Umum
Setelah
diberikan penyuluhan tentang Retardasi Mental, keluarga Ny Stjh mampu memahami tentang Retardasi Mental
dan pemeliharaan anak retardasi mental.
Tujuan Khusus
Setelah mengikuti
penyuluhan kesehatan selama 1 x 30 menit diharapkan keluarga Ny. Stjh dapat :
- Memahami pengertian
- Memahami tentang factor yang mempengaruhi RM
- Memahami tentang klasifikasi IQ & umur RM.
- Memahami reaksi keluarga dengan anak RM
Metode
Ceramah dan diskusi
Media
Leaflet, pamflet
Materi
terlampir
Proses Pelaksanaan
No.
|
Kegiatan
|
Respon peserta
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan :
-
menyampaikan salam
-
menjelaskan tujuan
-
apersepsi
|
- membalas
salam
- mendengarkan
- memberikan
respon
|
2
menit
|
2.
|
Penyampaian materi :
-
menjelaskan tentang pengertian RM
-
menjelaskan tentang factor yang
mempengaruhi RM
-
menjelaskan tentang
klasifikasi IQ & umur RM.
-
Menjelaskan reaksi keluarga
dengan anak RM
|
-mendengarkan dan
memperhatikan
|
10
menit
|
3.
|
Diskusi:
-
Tanya Jawab
|
-
menyampaikan jawaban
-
mendengarkan
|
15
menit
|
4.
|
Penutup:
-
menyimpulkan hasil materi
-
memberikan pujian atas usaha
yang telah dilakukan keluarga Ny Stjh
-
mengucapkan salam
|
-
menyampaikan jawaban
-
mendengarkan
-
menjawab salam
|
3
menit
|
Setting Tempat
Duduk di kursi, berhadapan.
Pendidikan kesehatn dilakukan di ruang tamu keluarga Ny.Stjh.
Evaluasi
evaluasi kegiatan
- jadwal
- tempat
- alat Bantu/media
- pengorganisasian
- proses penyuluhan
- evaluasi hasil penyuluhan
evaluasi hasil
- apakah pengertian RM?
- Sebutkan factor-faktor yang mempengaruhi RM?
- identifikasi penerimaan keluarga saat ini!
Praktikan A-ners
Yosephina Elizabeth (99/127087/KU/09322)
Daftar pustaka:
Yusuf, Ismed (1991), Retardasi Mental, edisi pertama,
Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
PPDGJ-IV,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar