Jumat, 05 April 2013

SAP RM ( Retardasi Mental) terbaru




SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP)
RETARDASI MENTAL
Nama kegiatan                         : Penyuluhan kesehatan keperawatan keluarga
Materi                                      : Retardasi Mental
Hari / tanggal                            : Kamis, 9 Desember 2004
Waktu                                      : 15.00 – 15.30 WIB
Tempat                                     : Rumah Ny.Stjh RT 08 / RW 17 Dukuh Nanggulan
Latar Belakang
            Kehadiran anak dengan retardasi mental tidak pernah diharapkan atau tidak dapat di perkirakan sebelumnya. Bahkan banyak anak dengan retardasi mental baru diketahui kelainannya setelah berusia balita atau kadang-kadang setelah masuk sekolah dasar, bahkan lebih dari usia tersebut. Anak dengan retardasi mental bisa lahir dan berasal dari orangtua tang sehat tanpa ada keturunan retardasi mental, dari keluarga yang harmonis, dari keluarga yang kaya, dari keluarga dengan intelektual tinggi dan berpendidikan, dari keluarga apa saja tanpa ”pandang bulu”. Oleh karena itu hingga sekarang ini masih sukar untuk menentukan sebab-sebab pasti terjadinya retardasi mental. Banyak faktor yang berperan dan saling berinteraksi dalam hal ini. 

Tujuan Umum

            Setelah diberikan penyuluhan tentang Retardasi Mental, keluarga Ny Stjh mampu memahami tentang Retardasi Mental  dan pemeliharaan anak retardasi mental.

Tujuan Khusus

            Setelah mengikuti penyuluhan kesehatan selama 1 x 30 menit diharapkan keluarga  Ny. Stjh dapat :
  1. Memahami pengertian
  2. Memahami tentang factor yang mempengaruhi RM
  3. Memahami tentang klasifikasi IQ & umur RM.
  4. Memahami reaksi keluarga dengan anak RM

Metode

Ceramah dan diskusi

Media

            Leaflet, pamflet
Materi
terlampir

Proses Pelaksanaan

No.
Kegiatan
Respon peserta
Waktu
1.
Pendahuluan :
-   menyampaikan salam
-   menjelaskan tujuan
-   apersepsi
- membalas salam
- mendengarkan
- memberikan  respon
2 menit
2.
Penyampaian materi :
-    menjelaskan tentang  pengertian RM
-    menjelaskan tentang factor yang mempengaruhi RM
-    menjelaskan tentang klasifikasi IQ & umur RM.
-    Menjelaskan reaksi keluarga dengan anak RM
-mendengarkan dan  memperhatikan
10 menit
3.
Diskusi:
-    Tanya Jawab
- menyampaikan jawaban
- mendengarkan
15 menit
4.
Penutup:
-    menyimpulkan hasil materi
-    memberikan pujian atas usaha yang telah dilakukan keluarga Ny Stjh
-    mengucapkan salam
- menyampaikan jawaban
- mendengarkan
- menjawab salam
3 menit
Setting Tempat
            Duduk di kursi, berhadapan. Pendidikan kesehatn dilakukan di ruang tamu keluarga Ny.Stjh.

 

Evaluasi
evaluasi kegiatan
  1. jadwal
  2. tempat
  3. alat Bantu/media
  4. pengorganisasian
  5. proses penyuluhan
  6. evaluasi hasil penyuluhan
evaluasi hasil
  1. apakah pengertian RM?
  2. Sebutkan factor-faktor yang mempengaruhi RM?
  3. identifikasi penerimaan keluarga saat ini!
Praktikan A-ners
Yosephina Elizabeth (99/127087/KU/09322)
Daftar pustaka:
Yusuf, Ismed (1991), Retardasi Mental, edisi pertama, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
PPDGJ-IV,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar