Rabu, 05 Oktober 2011

KTI pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan anak usia 0-5 tahun di wilayah kerja Puskesmas Maesan kabupaten Bondowoso

BAB 1
1
Tiap orang tua menginginkan putra-putrinya mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Proses kembang anak dalam kandungansampai usia remaja berkaitan satu sama lain. Proses ini di pengaruhi banyak faktor secara garis besar terbagi dua faktor yaitu faktor Genetik dan Biofisiko psikososial. Dalam proses tersebut anak memerlukan pemenuhan kebutuhan dasar anak, yaitu pertumbuhan asuh (biomedis), asih (kebutuhan emosi dan kasih sayang), dan asah (pemberian stimulasi/rangsang). Salah satu cara mendapat anak yang berkualitas adalah dengan memantau tumbuh kembang anak secara berkala. Umumnya jika pertumbuhan mengalami gangguan maka akan memberikan dampak pula pada aspek perkembangan. Untuk itu pemantauan perlu dilakukan berkesinambungan mencakup pemantauan pertumbuhan dan skrining perkembangan. Tiga tahun pertama usia perkembangan anak merupakan periode emas/masa kritis untuk optimalisasi proses tumbuh kembang dan merupakan masa yang tepat untuk seorang anak menjadi dewasa yang unggul di kemudian hari (Arixs, 2008)



















6






























Baik



2. Pengetahuan ibu tentang simulasi perkembangan anak usia 0-5 Tahun
a. Pengertian
b. Tujuan stimilasi
c. Tugas perkembamgan
d. Cara melakukan
stimulasi terhadap anak usia 0-5 tahun


Pengertian :
1. Pengertian stimulasi
Tujuan Stimulasi :
1. Tujuan tindakan
Tugas Perkembangan :
Bayi umur 0-5 tahun
Cara melakukan stimulasi terhadap
Bayi umur 0-5 tahun



























Keterangan :



30



















37
e. Staf TU : 8 orang































51
Hasil penelitian ini dapat memberikan pengalaman nyata bagi peneliti sebagaim peneliti pemula dalam proses penelitian dan peneliti dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuannya yang diperoleh dari kampus dengan keadaan yang ada dilahan praktik sebagai bahan tambahan informasi untuk peneliti selanjutnya terutama dibidang kesehatan anak khususnya dalam kaitannya dengan stimulasi perkembangan anak usia 0-5 tahun.














1 komentar: