Kompetensi Dasar | Indikator | Pengalaman Pembelajaran | Materi Ajar | Waktu | Alat/Bahan/Sumber Belajar | Peni-laian |
Mengidentifikasi latar belakang perlunya keperawatan Komunitas | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan latar belakang Keperawatan Komunitas 2. Menjelaskan pengertian Keperawatan Komunitas 3. Menjelaskan urgensi Keperawatan Komunitas dalam konteks pembangunan kesehatan 4. Menyebut Garis besar dan ruang lingkup perkuliahan Keperawatan Komunitas | 1. Mengkaji latar belakang Keperawatan Komunitas di Indonesia dan di beberapa dokumentasi keperawatan lain 2. Mengkaji konsep dasar Keperawatan Komunitas 3. Mendiskusikan permasalah- an dan urgensi Keperawatan Komunitas 4. Mencatat Garis Besar dan ruang lingkup perkuliahan Keperawatan Komunitas | 1. Pengertian Keperawatan Komunitas 2. Keperawatan Komunitas di Indonesia dan beberapa Keperawatan Komunitas di beberapa dokumentasi keperawatan 3. Visi dan Misi Keperawatan Komunitas dalam MPK 4. Urgensi Keperawatan Komunitas bagi pengembangan kepribadian 5. Garis Besar dan ruang lingkup MK Keperawatan Komunitas | 100’ Abi | White Board, LCD, Laptop. Tim Dosen Keperawatan Komunitas, | Classroom assesment,Portofolio, Tes essey dalam UTS |
| Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan Paradigma keperawatan Komunitas sebagai system sosiologis. 2. Menjelaskan dan membedakan Paradigma keperawatan Komunitas dengan keperawatan diklinis 3. Menyebutkan Fungsi-fungsi Keperawatan Komunitas. 4. Menerangkan Fungsi Asuhan Keperawatan Komunitas sebagai pendekatan dalam keperawatan pada Komunitas. | 1. Mengkaji dan mendiskusikan Paradigma keperawatan Komunitas 2. Pengertian sosiologis, antropologis 3. Fungsi perawatan Komunitas 4. Fungsi asuhan keperawatan | 2. Paradigma keperawatan Komunitas 3. Pengertian sosiologis, antropologis 4. Fungsi perawatan Komunitas | 100’ | White board LCD, Laptop. Tim Dosen Keperawatan Komunitas, | Classroom assesment,Portofolio, Tes essey dalam UTS |
| Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan: 1. Pengertian teori dan model konseptual. 2. Model konseptual keperawatan Komunitas. 3. Teori keperawatan dan keperawatan Komunitas. 4. Penerapan model dan teori dalam komunitas. | 1. Mengkaji Pengertian teori dan model konseptual. 2. Mendiskusikan Model konseptual keperawatan Komunitas. 3. Mengkaji Teori keperawatan dan keperawatan Komunitas. 4. mendiskusikan Penerapan model dan teori dalam komunitas. | 1. Pengertian teori dan model konseptual. 2. Model konseptual keperawatan Komunitas. 3. Teori keperawatan dan keperawatan Komunitas. 4. Penerapan model dan teori dalam komunitas. | 100’ | White board LCD, Laptop. Tim Dosen Keperawatan Komunitas, | Classroom assesment,Portofolio, Tes obyektif UAS |
Peran dan fungsi perawat Komunitas | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan: 1. Pengertian peran dan fungsi 2. Peran dan fungsi perawat komunitas: pemberi asuhan, pendidik, konselor, advokasi, kolaborasi/koordinator, fasilitator, peneliti. | 1 Mengkaji Pengertian peran 2 Mengkaji Pengertian fungsi 3 Mendiskusikan Peran dan fungsi perawat komunitas: pemberi asuhan, pendidik, konselor, advokasi, kolaborasi/koordinator, fasilitator, peneliti. | 1. Pengertian peran dan fungsi 2. Peran dan fungsi perawat komunitas: pemberi asuhan, pendidik, konselor, advokasi, kolaborasi/koordinator, fasilitator, peneliti. | 100’ | White board LCD, Laptop. Tim Dosen Keperawatan Komunitas, | Classroom assesment,Portofolio, Tes obyektif UAS |
| Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan: 1. Pengertian pengkajian Komunitas 2. Pendekatan dan strategi pengkajian di Komunitas 3. Macam sumber data 4. Jenis data | 1. Mengkaji Pengertian pengkajian Komunitas 2. Mendiskusikan pendekatan dan strategi pengkajian di Komunitas. 3. Mengkaji sumber-sumber data pada pengjkajian keperawatan Komunitas. 4. mendiskusikan jensi-jenis data. | Pengertian pengkajian Model Betty Neuman Model Community as Partner Strategi pengkajian Komunitas Sumber data Jenis-jenis data | 100’ | White board LCD, Laptop. Tim Dosen Keperawatan Komunitas, | Classroom assesment,Portofolio, Tes obyektif UAS |
| Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan: 1. Pengertian diagnosa keperawatan Komunitas 2. rumusan diagnosa keperawatan Komunitas 3. macam diagnosa keperawatan Komunitas | 1. Mengkaji Pengertian diagnosa keperawatan Komunitas. 2. Mendiskusikan rumusan diagnosa keperawatan Komunitas. 3. Mengkaji macam diagnosa keperawatan Komunitas. 4. mendiskusikan Penerapan diagnosa keperawatan Komunitas | 5. Pengertian diagnosa keperawatan Komunitas 6. Model dignosa keperawatan Komunitas. 7. Teori keperawatan dan keperawatan Komunitas. 8. Penerapan model dan teori dalam komunitas. | 100’ | White board LCD, Laptop. Tim Dosen Keperawatan Komunitas, | Classroom assesment,Portofolio, Tes obyektif UAS |
| Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan: 1. Pengertian rencana intervensi keperawatan Komunitas 2. langkah mennyusun rencana intervensi keperawatan Komunitas 3. Pendekatan dan strategi rencana intervensi keperawatan Komunitas | 1. Mengkaji Pengertian teori dan model konseptual. 2. Mendiskusikan Model konseptual keperawatan Komunitas. 3. Mengkaji Teori keperawatan dan keperawatan Komunitas. 4. mendiskusikan Penerapan model dan teori dalam komunitas. | 1.Pengertian rencana intervensi . 2.Model konseptual keperawatan Komunitas. 3.Teori keperawatan dan keperawatan Komunitas. 4.Penerapan model dan teori dalam komunitas. | | White board LCD, Laptop. Tim Dosen Keperawatan Komunitas, | Classroom assesment,Portofolio, Tes obyektif UAS |
| Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan: 1. Pengertian implementasi keperawatan Komunitas 2. langkah implementasi keperawatan Komunitas 3. Pendekatan dan strategi implementasi keperawatan Komunitas | 1. Mengkaji Pengertian teori dan model konseptual. 2. Mendiskusikan Model konseptual keperawatan Komunitas. 3. Mengkaji Teori keperawatan dan keperawatan Komunitas. 4. mendiskusikan Penerapan model dan teori dalam komunitas. | 4. Pengertian implementasi keperawatan Komunitas 5. langkah implementasi keperawatan Komunitas 6. Pendekatan dan strategi implementasi keperawatan Komunitas | 100’ | White board LCD, Laptop. Tim Dosen Keperawatan Komunitas, | Classroom assesment,Portofolio, Tes obyektif UAS |
| Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan: 1. Pengertian evaluasi keperawatan Komunitas 2. Jenis Evaluasi 3. langkah evaluasi keperawatan Komunitas 4. Pendekatan dan strategi evaluasi keperawatan Komunitas | 1. Mengkaji Pengertian evaluasi. 2. Mendiskusik jenis evaluasi keperawatan Komunitas. 3. Mengkaji langkah evaluasi keperawatan Komunitas. 4. mendiskusikan Penerapan evaluasi. | 1. Pengertian evaluasi 2. Evaluasi formatif 3. Evaluasi sumatif. 4. Teori keperawatan dan keperawatan Komunitas. 5. Penerapan model dan teori dalam komunitas. | 100’ | White board LCD, Laptop. Tim Dosen Keperawatan Komunitas, | Classroom assesment,Portofolio, Tes obyektif UAS |
Dokumentasi asuhan keperawatan Komunitas. | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan: 1. Pengertian dokumentasi keperawatan Komunitas 2. Jenis dokumentasi keperawatan Komunitas 3. langkah pendokumentasian keperawatan Komunitas 4. Pendekatan dan strategi pendokumentasian keperawatan Komunitas | 1. Mengkaji dan mendiskusikan pengertian, dokumentasi asuhan keperawatan Komunitas 2. Mengkaji pengertian, dokumentasi asuhan keperawatan Komunitas 3. Mengkaji proses dokumentasi dan sumber-sumber dalam keperawatan Komunitas | 1. Pengertian dan unsur Dokumentasi keperawatan , 2. Pengertian dan teori. Legitimasi dokumentasi keperawatan dokumentasi keperawatanisme: dokumentasi keperawatanisme keperawatan. 3. identitas dokumentasi keperawatan. Faktor2 serta interaksi antar faktor identitas dokumentasi keperawatan, watak identitas dokumentasi keperawatan. | 300’ | White board LCD, Laptop. . Tim Dosen Keperawatan Komunitas, | Classroom assesment,Portofolio, Tes obyektif UAS |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar