Sabtu, 15 Oktober 2011

Metodologi PENELITIAN “JENIS PENELITIAN”





PRODI KEBIDANAN
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAKASSAR

KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT, atas berkat dan karuniaNya yang telah diberikan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul Jenis-Jenis Penelitian. Penulis berharap makalah ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang penelitian bagi yang membacanya sehingga dapat memberikan kemudahan apabila melakukan sebuah penelitian.
Tak lupa pula kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Dosen yang telah membimbing kami dan teman-teman yang telah membantu dan memberikan kami motifasi sehingga makalah ini dapat selesai tepat waktu. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan untuk itu kami mengharapkan saran-saran dari teman-teman yang bersifat membangun sehingga makalah ini dapat mendekati kesempurnaan.




Makassar, Oktober 2010

Penyusun





BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
DEFINISI
Penelitian adalah:
• Suatu proses penyelidikan secara sistematis yang ditujukan pada penyediaan informasi untuk menyelesaikan masalah-masalah (Cooper & Emory, 1995)
• Usaha yang secara sadar diarahkan untuk mengetahui atau mempelajari fakta2 baru dan juga sebagai penyaluran hasrat ingin tahu manusia (Suparmoko, 1991)
Metode Penelitian adalah:
Cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah didasarkan pada ciri-ciri keilmuan yaitu rasional, empiris, dan sistematis.
• Rasional : Penelitian dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal shg terjangkau oleh penalaran manusia.
• Empiris : cara yang digunakan dapat diamati dengan indera manusia.
• Sistematis : proses penelitian menggunakan langkah2 ttt yang bersifat logis.

JENIS-JENIS PENELITIAN
Jenis penelitian dapat dikelompokkan menurut: Tujuan, pendekatan, tingkat eksplanasi, dan analisis & jenis data.
1. Penelitian Menurut Tujuan
2. Jenis penelitian menurut sifat dasar
3. Jenis penelitian menurut pendekatan
4. Penelitian Menurut Metode.
KRITERIA PENELITIAN YANG BAIK
Ciri-ciri karya tulis ilmiah yang baik adalah:
1. Bersifat kritis dan analitis
2. Memuat konsep dan teori
3. Menggunakan istilah dengan tepat dan definisi yang uniform.
4. Rasional
5. Obyektif
B. Rumusan Masalah
1. Berapa macam jenis-jenis penelitian menurut tujuan
2. Berapa macam jenis-jenis penelitian menurut sifat dasar
3. Berapa macam jenis-jenis penelitian menurut pendekatan
4. Berapa macam jenis-jenis penelitian menurut methode
C. Tujuan
1. Ingin mengetahui apa-apa saja jenis-jenis penelitian menurut tujuan
2. Ingin mengetahui apa-apa jenis-jenis penelitian menurut sifat dasar
3. Ingin mengetahui apa-apa jenis-jenis penelitian menurut pemdekatan
4. Ingin mengetahui apa-apa jenis-jenis penelitian menurut methode















BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
JENIS-JENIS PENELITIAN
Jenis penelitian dapat dikelompokkan menurut: Tujuan, sifat dasar, pendekatan dan metode:
1. Penelitian Menurut Tujuan
Jenis penelitian menurut tujuan yaitu :
a. Penelitian Eksploratif
penelitian yang bertujuan untuk menggali (mengeksplorasi) sebanyak-banyaknya cirri-ciri fenomena alam untuk menemukan cirri-ciri baru secara deskriptif
b. Penelitian Verificatif
Adalah penelitian berupa pengamatan yang bertujuan untuk menguji kebenaran suatu peristiwa (ilmu) yang diragukan kebenarannya.
c. penelitian Exolanatory
adalah penelitian berupa pengamatan yang bertujuan mencari hipotesis dan menjelaskan hubungan yang ada
d. penelitian Basic/pure
adalah penelitian berupa pengamatan yang bertujuan untuk menemukan ilmu (science), teori, dalil baru yang dijabarkan secara umum
e. penelitian Applide
adalah penelitian berupa pengamatan yang bertujuan untuk menemukan cara-cara pemecahan masalah sehari-hari atau masalah pembangunan
2. Jenis penelitian menurut sifat dasar
a. Penelitian observasional
Adalah penelitian yang dilakukan dengan cara pengamatan (observasi) dan mencatat ciri-ciri/fenomena alam



b. Penelitian Experimental
Adalah penelitian yang dikakukan melalui pengamatan atau perlakuan sering juga disebut dengan penelitian treatment terhadap factor (variable bebas) kemudian dilihat akibatnya (variable terikat)
c. Penelitian Ex Post Facto
Adalah penelitian melalui pengamatan terhadap akibat suatu peristiwa (variable bebas tidak dapat dimanipulasi), sehingga penelitian ini bersifat retrospektif.
3. Jenis penelitian menurut pendekatan
a. Penelitian Cross Sectional (Studi Potong Lintang)
Penelitian cross-sectional adalah penelitian yang dilakukan pada satu waktu dan satu kali, tidak ada follow up, untuk mencari hubungan antara variabel independen (faktor resiko) dengan variabel dependen (efek).
Penelitian cross sectional yang dinilai adalah subyek yang baru dan sudah lama menderita penyakit atau kelainan yang sedang diselidiki. Dan tidak dapat menunjukkan hubungan sebab akibat
Langkah-langkah pada study cross sectional yaitu :
1. Merumuskan pertanyaan penelitian beserta hipotesis yang sesuai
Maksudnya pertanyaan penelitian yang akan dijawab harus dikemukakan dengan jelas. Dalam studi cross sectional analitik hendaklah di kemukakan hubungan antar variable yang diteliti.
2. Mengidentifikasikan variable bebas dan tergantung
Maksudnya semua variable yang diteliti dalam studi prevalens harus diidentifikasikan dengan cermat
3. Menetapkan subyek penelitian
a. Menetapkan populasi penelitian
Bergantung kepada tujuan penelitian, maka ditentukan dari populasi terjangkau mana subyek penelitian yang akan dipilih, apakh dari rumah sakit/fasilitas kesehatan, atau dari masyarakat umum
b. Menentukan sampel dan memperkirakan besar sampel
• Besar sampel harus diperkirakan dengan formula yang sesuai
• Pemilihan sampel harus dilakukan dengan cara yang benar, agar dapat mewakili populasi terjangkau
4. Melaksanakan pengukuran
a. Pengukuran factor resiko
• Penetapan factor resiko dapat dilaksanakan dengan berbagai cara, tergantung pada sifat factor resiko
• Dapat digunakan kuesioner, catatan medic, uji laboratorium, pemeriksaan fisis atau prosedur pemeriksaan khusus
b. Pengukuran efek atau penyakit
• Terdapatnya efek atau penyakit tertentu dapat ditentukan dengan kuesioner, pemeriksaan fisis atau pemeriksaan khusus, bergantung kepada karakteristik penyakit yang dipelajari
• Harus ditetapkan criteria diagnosisnya dengan batasan operasional yang jelas
5. Melakukan analisis
Analisis ini dapat berupa suatu uji hipotesis ataupun analisis untuk memperoleh risiko relative. Hal yang terakhir inilah yang lebih sering dihitung dalam study cross sectional untuk mengidentifikasikan factor risiko.
Kelebihan dan kekurangan penelitian cross sectional :
a. Kelebihan
• Keuntungan yang utama dari desain cross sectional adalah memungkinkan penggunaan populasi dari masyarakat umum, tidak hanya para pasien yang mencari pengobatan, hingga generalisasinya cukup memadai
• Desain ini relative murah, mudah, dan hasilnya cepat dapat diperoleh
• Dapat dipakai untuk meneliti banyak variable sekaligus
b. Kekurangan
• Sulit untuk menentukan sebab dan akibat karena pengambilan data risiko dan efek dilakukan pada saat yang bersamaan (temporal relationship tidak jelas)
• Study prevalens lebih banyak menjaring subyek yang mempunyai masa yang panjang dari pada yang mempunyai masa sakit yang pendek, karena individu yang cepat sembuh atau cepat meninggal mempunyai kesempatan yang lebih kecil untuk terjaring dalam study
• Dibutuhkan jumlah subyek yang cukup banyak, terutama bila variable yang dipelajari banyak
• Tidak menggambarka perjalanan penyakit, insidens maupun prognosis
• Tidak praktis untuk meneliti kasus yang sangat jarang, misalnya kanker lambung, karena pada populasi usia 45-49 tahun diperlukan paling tidak 10.000 subyek untuk mendapatkan suatu kasus
b. penelitianLongitudinal
Bahasa Inggris: longitudinal research) adalah salah satu jenis penelitian sosial yang membandingkan perubahan subjek penelitian setelah periode waktu tertentu. Penelitian jenis ini sengaja digunakan untuk penelitian jangka panjang, karena memakan waktu yang lama (Follow Up Research) Karakteristik dan cakupan utama dari penelitian longitudinal meliputi
1. Data dikumpulkan untuk setiap variabel pada dua atau lebih periode waktu tertentu.
2. Subjek atau kasus yang dianalisis sama, atau setidaknya dapat diperbandingkan antara satu periode dengan periode berikutnya.
3. Analisis melibatkan perbandingan data yang sama dalam satu periode dengan antar metode yang berbeda.
Jenis
Terdapat tiga macam penelitian longitudinal, yaitu :
1. Studi panel (Panel-study) merupakan jenis penelitian yang dilaksanakan dalam waktu yang berlainan, namun tetap menggunakan sampel yang sama.
2. Waktu berjalan (time series) merupakan jenis penelitian yang dilaksanakan dalam waktu yang berlainan dan belum tentu menggunakan sampel yang sama dalam sebuah populasi yang sama.
3. Cohort-study merupakan penelitian yang dilakukan pada sekelompok orang yang memiliki kebudayaan, latar belakang, atau pengalaman yang sama.

c. Penelitian Prospektif
Adalah penelitian yang dilakukan berupa pengamatan terhadap peristiwa yang belum dan yang akan terjadi (Follow Up Research) dilakukan satu kali atau lebih
d. Penelitian Retrospektif
Adalah penelitian berupa pengamatan terhadap peristiwa-peristiwa yang yang telah terjadi bertujuan untuk mencarifaktor yang berhubungan dengan penyebab.
4. Penelitian Menurut Metode.
a. Penelitian Survey
Penelitian yang dilakukan pada popolasi besar maupun kecil, tetapi data yangdipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian-kejadian relatif, distribusi dan hubungan-hubungan antar variabel sosilogis maupun psikologis.
Langkah-langkah dalam penelitian survey yaitu :
• Planning (perencanaan)
• Defining the population (menentukan populasi)
• Sampling (menarik sampel dalam populasi)
• Constructing instrument (membuat instrument)
• Conducting survey (melakukan survey)
• Processing the data (memproses data : analisis dan interpretasi
Tekhnik Pengumpulan Data Pada Penelitian survey
• Personal interview
• Telephone interview
• Mailed questionnaire
• Directly administered queirtionnare
Jenis instrument untuk penelitian survey
• Intervieuw guide (pedoman wawancara)
• Questionnaire (angket)
• Observation checklist (Lembar observasi)

Penelitian survey terdiri dari :
1. Survey Deskriptif (Exploratory Study)
Penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Fenomena itu bisa berupa bentuk, aktivitas, karakteristik, perubahan, hubungan, kesamaan, dan perbedaan antara fenomena yang satu dengan fenomena lainnya (Sukmadinata, 2006:72). Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan sesuatu, misalnyakondisi atau hubungan yang ada, pendapat yang berkembang, proses yang sedang berlangsung, akibat atau efek yang terjadi, atau tentang kecendrungan yang tengah berlangsung.
Furchan (2004:447) menjelaskan bahwa penelitian deskriptif adalah penelitian yang dirancang untuk memperoleh informasi tentang status suatu gejala saat penelitian dilakukan. Lebih lanjut dijelaskan, dalam penelitian deskriptif tidak ada perlakuan yang diberikan atau dikendalikan serta tidak ada uji hipotesis sebagaimana yang terdapat pada penelitian eksperiman.
Karakteristik Penelitian Deskriptif
Penelitian deskriptif mempunyai karakteristik-karakteristik seperti yang dikemukakan Furchan (2004) bahwa :
(1) Penelitian deskriptif cendrung menggambarkan suatu fenomena apa adanya dengan cara menelaah secara teratur-ketat, mengutamakan obyektivitas, dan dilakukan secara cermat
(2) Tidak adanya perlakuan yang diberikan atau dikendalikan, dan
(3) Tidak adanya uji hipotesis.
Jenis-jenis Penelitian Deskriptif
Bentuk – bentuk pelaksanaan Penelitian Deskriptif dapat dikategorikan menjadi beberapa macam, antara lain :

1) Survey (survey)
• SURVEY adalah Suatu cara penelitian Deskriptif yang dilakukan terhadap sekumpulan objek yang biasanya cukup banyak dalam jangka waktu tertentu.
• TUJUAN Survey adalah Untuk membuat Penilaian terhadap suatu Kondisi dan Penyelenggaraan suatu program di masa sekarang dan hasilnya digunakan untuk menyusun perencanaan perbaikan program tersebut.
• SURVEY bukan hanya dilaksanakan untuk membuat deskripsi tentang suatu keadaan saja, tetapi juga untuk menjelaskan Hubungan antara berbagai variabel yang diteliti.
Mutu / Kualitas Desain Survey tergantung dari :
1. Jumlah Sampel,
2. Taraf ke-Representatif-an Sampel,
3. Tingkat Kepercayaan Informasi yang diperoleh dari Sampel tersebut. Dalam penelitian kesehatan, jenis masalah dalam Desain Survey
Kebaikan Desain Survey :
• Dalam Survey biasanya dilibatkan banyak orang (sampel) untuk mencapai Generalisasi atau kesimpulan yang bersifat umum yang dapat dipertanggungjawabkan.
• Dapat digunakan berbagai teknik pengumpulan data seperti Angket, Wawancara atau Observasi sesuai kebutuhan/pilihan peneliti.
• Sering tampil masalah – masalah yang sebelumnya tidak diketahui atau diduga, sehingga sekaligus dapat bersifat Eksploratif.
• Dengan survey, peneliti dapat membenarkan atau menolak teori tertentu.
• Biaya relatif lebih murah.
Kelemahan Desain Survey :
• Desain Survey, biasanya hanya meneliti pendapat atau perasaan populasi yang tidak mendalam apalagi bila menggunakan Angket.
• Pendapat populasi yang disurvey mudah berubah – ubah karena pengaruh berbagai faktor dari luar.
• Tidak ada jaminan bahwa Angket yang diedarkan akan dijawab semua oleh Populasi/Sampel.
2) Case study (studi kasus)
• Case Study (Studi Kasus) merupakan penelitian / penyelidikan yang mendalam
( indepth study ) tentang suatu aspek lingkungan social termasuk manusia didalamnya yg dilakukan sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambaran yang terorganisasikan dengan baik dan lengkap.
• Case Study dapat dilakukan terhadap seorang Individu, sekelompok individu (keluarga, kelompok ibu hamil, ibu menyusui, manula, balita dsb) ; segolongan manusia (guru, bidan, perawat, suku Batak dsb) ; lingkungan hidup manusia (Desa, Kota, Pesisir dsb) ; atau lembaga sosial (perkawinan – perceraiana, pendidikan, agama dsb).
• Case Study dilakukan dengan cara meneliti suatu permasalahan melalui suatu kasus yang terdiri dari unit tunggal. Unit tunggal yang dimaksud dapat berarti Satu Orang, Sekelompok Penduduk yang terkena suatu masalah, atau Sekelompok Masyarakat di suatu daerah. Unit yang menjadi kasus tersebut secara mendalam dianalisis, baik dari segi yg berhubungan dengan keadaan kasus itu sendiri, faktor2 yang mempengaruhi, kejadian2 khusus yang muncul sehubungan dengan kasus, maupun tindakan dan reaksi kasus terhadap suatu perlakuan tertentu.
• Meskipun dalam Case Study ini yang diteliti hanya berbentuk Unit Tunggal, namun dianalisis secara mendalam meliputi aspek yang cukup luas, serta penggunaan berbagai teknik secara integrative.
• Namun demikian, hasil penelitian Case Study ini masih perlu dikaji ulang dengan menggunakan jumlah Sample yang lebih banyak agar data yang dianalisa semakin representatif sehingga lebih dapat di Generalisasikan.
3) Colleration study (studi kolerasi)
• Penelitian Korelasional bertujuan untuk mengungkapkan hubungan Korelatif antar Variabel walaupun TIDAK diketahui apakah hubungan tersebut merupakan hubungan Sebab – Akibat atau bukan.
• Yang dimaksud Hubungan Korelatif adalah Hubungan yang menyatakan adanya adanya perubahan pada satu variabel yang diikuti oleh perubahan pada variabel yang lain.
• Dalam hubungan korelatif dilihat keeratan hubungan antara kedua veriabel, oleh karenanya dalam penelitian ini Harus Melibatkan paling sedikit Dua Variabel.
• Untuk Uji Statistik, menggunakan Analisis Korelasi. Dalam analisis ini nantinya akan didapatkan suatu angka yang dinamakan Koefisien Korelasi.
• Angka Korelasi yang mendekati angka 1 ditafsirkan sebagai Korelasi yang Sangat Kuat. Sedangkan angka koefisien korelasi yang mendekati Nol ditafsirkan sebagai Korelasi yang Tidak Kuat (Lemah), dan Angka Korelasi sama dengan Nol ( = 0 ) ditafsirkan sebagai Tidak Ada Korelasi.
• Disamping itu, dikenal juga Korelasi Positif dan Korelasi Negatif.
KORELASI POSITIF :
Diperoleh Hubungan yg Setara, artinya : kenaikan nilai satu variabel diikuti dengan kenaikan nilai variabel yang lain.
KORELASI NEGATIF :
Diperoleh Hubungan yg Bertolak Belakang, artinya : Kenaikan nilai pada satu variabel diikuti Penurunan nilai variabel lain.
4) Comparative study (studi perbandingan)
• Penelitian dengan menggunakan Metode Studi Perbandingan
• (Comparative Study) dilakukan dengan cara membandingkan Persamaan dan Perbedaan sebagai fenomena untuk mencari Faktor – Faktor apa / Situasi bagaimana yang dapat menyebabkan timbulnya suatu peristiwa tertentu. Study ini dimulai dengan mengadakan pengumpulan fakta tentang faktor – faktor yang menyebabkan timbulnya suatu gejala tertentu, kemudian dibandingkan. Setelah mengetahui persamaan dan perbedaan penyebab, selanjutnya ditetapkan bahwa sesuatu faktor yang menyebabkan munculnya suatu gejala pada objek yang diteliti, itulah yang sebenarnya yang menyebabkan munculnya gejala tersebut. Atau dengan memperbandingkan Faktor atau Variabel mana yang paling berpengaruh terhadap perubahan yang terjadi pada hasil penelitian yang sedang dilakukan.
• Perlu ditekankan di sini, bahwa dalam desain penelitian ini tidak ada perlakuan atau intervensi sama sekali dari peneliti
5) Predicition study (studi prediksi)
• Study Prediksi ini digunakan untuk memperkirakan tentang kemungkinan munculnya suatu gejala berdasarkan gejala lain yang sudah muncul dan diketahui sebelumnya

Contoh :
“Kemungkinan keberhasilan penurunan angka kematian bayi berdasarkan pada
besarnya cakupan imunisasi”.
• Dalam bidang Kesehatan, Studi Prediksi digunakan untuk :
a) Membuat perkiraan terhadap suatu atribut dari atribut lain.
Contoh :
Memperkirakan “penurunan angka kematian akibat kecelakaan” dari berlakunya “aturan penggunaan helm standart” bagi semua pengendara motor.
b) Membuat perkiraan terhadap auatu atribut dari hasil pengukuran.
Contoh :
Memperkirakan kemungkinan “wabah diare” dari hasil “pemeriksaan air minum” penduduk.
c) Membuat perkiraan terhadap suatu pengukuran dari suatu atribut.
Contoh :
Memperkirakan “Status Gizi Balita” dari “Tingkat Sosial Ekonomi” orang tua mereka.
d) Membuat perkiraan terhadap pengukuran dari pengukuran lain.
Contoh :
Memperkirakan “status gizi” dari “pengukuran berat badan perumur” pada balita.
• Untuk uji statistik pada Study Prediktif ini biasanya digunakan Analisis Regresi. Sebagaimana dalam analisis korelasi, maka dalam analisis regresi ini penafsiran hasil analisa didasarkan pada angka Koefisien yang diperoleh
• Dalam analisis Regresi ini, akan dilihat apakah munculnya suatu gejala itu ada hubungannya dengan gejala lain atau tidak dan sampai seberapa besar derajat hubungan tersebut.
6) Evaluation study (studi evaluasi)
• Penelitian Evaluasi dilakukan untuk menilai suatu program yang sedang atau sudah dilakukan.
Misalnya :
Penelitian evaluasi tentang perkembangan pelayanan puskesmas,
penelitian tentang program pemberantasan penyakit menular,
penelitian evaluasi tentang program perbaikan gizi, penelitian evaluasi
tentang cakupan pelayanan imunisasi balita, penelitian evaluasi
tentang mutu layanan fasilitas kesehatan dll.
• Hasil dari penelitian ini digunakan untuk perbaikan atau peningkatan program – program tersebut.
• Dalam mengolah atau menganalisa data pada desain studi evaluasi ini hanya menggunakan statistik sederhana saja, misalnya analisa presentase saja
Langkah-langkah penelitian deskriptif yaitu :
Secara umum Langkah – Langkah (Teknis) yang harus ditempuh dalam Penelitian Deskriptif tidak berbeda dengan desain penelitian-penelitian yang lain, yang meliputi :
1) Memilih masalah yang akan diteliti,
2) Merumuskan dan Mengadakan pembatasan masalah; kemudian berdasarkan masalah tersebut melakukan study pendahuluan untuk menghimpun informasi dan teori – teori sebagai dasar menyusun kerangka konsep penelitian
3) Membuat asumsi atau anggapan-anggapan yang menjadi dasar perumusan hipotesis Penelitian.
4) Merumuskan hipotesis Penelitian, Bila Ada
5) Merumuskan dan memilih Teknik, pengumpulan data
6) Menentukan Kriteria atau Kategori untuk mengadakan klasifikasi data
7) Menentukan Teknik dan Alat pengumpul data Data yang akan digunakan
8) Melaksanakan Penelitian atau Pengumpulan Data untuk menguji hipotesis
9) Melakukan pengolahan dan analisis Data
10) Menarik kesimpulan atau generalisasi
11) Menyusun dan Mempublikasikan laporan Penelitian.
2. Survey Analitik (Explanatory Study)
Adalah survei atau penelitian yang mencoba menggali bagaimana dan mengapa fenomena kesehatan itu terjadi. Kemudian melakukan analisis dinamika kolerasi antara fenomena, baik antara faktor risiko dengan faktor efek, antar faktor risiko, maupun antar faktor efek.
Yang dimaksud faktor efek adalah suatu akibat dari adanya faktor risiko, sedangkan faktor risiko adalah suatu fenomena yang mengakibatkan terjadinya efek (pengaruh). Secara garis besar survey analitik ini dibedakan dalam 3 pendekatan (jenis), yakni Survey Analitic Cross Sectional, Survey Analitic Case Control (Retrospective), dan Survey Analitic Cohort (Prospective).
• Penelitian Retrospektif ( Retrospective Study)
Adalah suatu penelitian (survey) analitik yang menyangkut bagaimana faktor risiko dipelajari dengan menggunakan pendekatan retrospektif. Dengan kata lain efek (penyakit atau status kesehatan) diidentifikasi pada saat ini, kemudian faktor risiko diidentifikasi adanya atau terjadinya pada waktu yang lalu. Adapun tahap-tahap penelitian case control ini adalah sebagai berikut :
- Identifikasi variabel-variabel penelitian (faktor risiko atau efek)
- Menetapkan objek penelitian (populasi dan sampel)
- Identifikasi kasus
- Pemilihan subyek sebagai kontrol
- Melakukan pengukuran “retrospektif� (melihat kebelakang) untuk melihat faktor risiko
- Melakukan analisis dengan membandingkan proporsi antara variabel-variabel objek penelitian dengan variabel-variabel objek kontrol.
• Penelitian sectional silang (cross sectional study) dan
Ialah suatu penelitian untuk mempelajari dinamika kolerasi antara faktor-faktor resiko dengan efek, dengan cara pendekatan, observasi atau pengumpulan data sekaligus pada suatu saat (point time approach). Penelitian cross sectional ini sering disebut juga penelitian transversal, dan sering digunakan dalam penelitian-penelitian epidemiologi.
• Prospektif (prospective Study)
Penelitian cohort sering disebut penelitian prospektif adalah suatu penelitian survei (non eksperimen) yang paling baik dalam mengkaji hubungan antara faktor risiko dengan efek (penyakit). Artinya, faktor risiko yang akan dipelajari diidentifikasi dahulu, kemudian diikuti ke depan secara prospektif timbulnya efek, yaitu penyakit atau salah satu indikator status kesehatan.
Langkah-langkah pelaksanaan penelitian cohort antara lain sebagai berikut :
 Identifikasi faktor-faktor rasio dan efek
 Menetapkan subyek penelitian (menetapkan populasi dan sampel)
 Pemilihan subyek dengan faktor risiko positive dari subjek dengan efek negative
 Memilih subyek yang akan menjadi anggota kelompok control
 Mengobservasi perkembangan subjek sampai batas waktu yang ditentukan
 Mengidentifikasi timbul atau tidaknya efek pada kedua kelompok
 Menganalisis dengan membandingkan proporsi subjek yang mendapat efek positif dengan subjek yang mendapat efek negatif baik pada kelompok risiko positif maupun kelompok kontrol

b.Penelitian Experimental
Menurut Yatim Riyanto (1996:28-40), penelitian eksperimen merupakan penelitian yang sistematis, logis, dan teliti didalam melakukan kontrol terhadap kondisi. Dalam pengertian lain, penelitian eksperimen adalah penelitian dengan melakukan percobaan terhadap kelompok eksperimen, kepada tiap kelompok eksperimen dikenakan perlakuan-perlakuan tertentu dengan kondisi-kondisi yang dapat di kontrol.
Karakteristik
1. Secara khas menggunakan kelompok kontrol sebagai garis dasar untuk dibandingkan dengan kelompok yang dikenai perlakuan eksperimental.
2. Menggunakan sedikitnya dua kelompok eksperimen.
3. Harus mempertimbangkan kesahihan ke dalam (internal validity)
4. Harus mempertimbangkan kesahihan keluar (external validity)


Tahapan dan Macam Eksperiment
1. Eksperimentasi permulaan
2. Rancangan Faktorial.
3. Kelompok eksperimen dan kelompok control
4. Validitas Eksperimen
5. Variabel yang Terkait dengan Eksperimentasi.
6. Rancangan Eksperimen
. Langkah Pokok Eksperiment
1. Melakukan survei kepustakaan yang relevan bagi masalah yang akan digarap.
2. Mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah.
3. Merumuskan hipotesis, berdasarkan atas penelaahan kepustakaan.
4. Mengidentifikasikan pengertian-pengertian dasar dan variable-variabel utama.
5. Menyusun rencana eksperimen.
6. Melakukan eksperimen.
7. Mengatur data kasar itu dalam cara yang mempermudah analisis selanjutnya dengan menempatkan dalam rancangan yang memungkinkan memperhatikan efek yang diperkirakan akan ada.











BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
JENIS-JENIS PENELITIAN
Dapat dikelompokkan menurut: Tujuan, sifat dasar, pendekatan dan metode:
5. Penelitian Menurut Tujuan
Jenis penelitian menurut tujuan yaitu :
a. Penelitian Eksploratif
b. Penelitian Verificatif
c. penelitian Exolanatory
d. penelitian Basic/pure
e. penelitian Applide
6. Jenis penelitian menurut sifat dasar
a. Penelitian observasional
b. Penelitian Experimental
c. Penelitian Ex Post Facto
7. Jenis penelitian menurut pendekatan
a. Penelitian Cross Sectional (Studi Potong Lintang)
b. penelitianLongitudinal
c. Penelitian Prospektif
d. Penelitian Retrospektif
8. Penelitian Menurut Metode.
a. Penelitian Survey
Penelitian survey terdiri dari :
1). Survey deskriptif (Exploratory study)
2). Survey analitik (Explanatory study) yang terdiri :
• Penelitian retrospektif (retrospective study)
• Penelitian seksional silang (cross sectional study) dan
• Prospektif (prospektif study)
b. Penelitian Experimental
DAFTAR PUSTAKA

http://wiwi-birulaut.blogspot.com/2010/02/beberapa-pendekatan-penelitian.html
http://dhinierha.blogspot.com/2009/02/rancangan-penelitian-cross-sectional.html
http://www.docstoc.com/docs/30817788/PENELITIAN-SURVEY-DAN-PENELITIAN
TINDAKAN
http://id.wikipedia.org/wiki/Penelitian_longitudinal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar